CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Thursday 4 April 2013

Hal-hal yang Menyebabkan Keputihan


Umumnya, pada vagina perempuan dewasa terdapat ”bakteri baik’ yang disebut basil Doderlein. Jumlah basil ini, pada kondisi normal cukup dominan, yang membuat lingkungan vagina jadi bersifat asam, sehingga memiliki daya proteksi yang cukup kuat. Disamping itu, vagina juga mengeluarkan cairan yang berguna untuk melindungi diri terhadap infeksi. Cairan vagina normal, biasanya jernih dan kadang sedikit keruh, tidak berbau dan tidak disertai rasa gatal. Iniah yang disebut keputihan normal. Keputihan normal ini terjadi pada saat terangsang (birahi), masa ovulasi (12-14 hari setelah menstruasi), dan pada saat stres emosional.
Sebaliknya, terjadinya keputihan yang tidak normal (penyakit keputihan), seringkali disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, dan parasit. Keputihan ini biasa disebut keputihan patologis. Keputihan jenis ini ialah berupa cairan berwarna kekuningan hingga kehijauan, jumlahnya banyak, kental, lengket, berbau tidak sedap atau busuk, terasa sangat gatal atau panas, bahkan menimbulkan luka di mulut vagina. Keputihan jenis ini harus diwaspadai, mengingat bisa menjadi salah satu indikasi adanya kanker leher rahim.
Yang Perlu Diperhatikan Mengenai Keputihan Ini Adalah:
Cara membilas alat kelamin yang benar, setelah habis buang air besar atau sehabis buang air kecil, sebaiknya membilas alat kelamin dari arah depan ke belakang ke arah anus. Keputihan fisiologis (normal), ciri-cirinya, lendirnya seperti lendir bening, tidak gatal dan tidak berbau. Keputihan patologis (karena penyakit), ciri-cirinya, warna lendirnya tidak bening lagi tetapi putih seperti kepala susu, bisa kuning kehijauan atau kecoklatan, bahkan bisa kemerahan karena adanya darah. Biasanya disertai rasa gatal, dan ada bau yang menyertainya.
Penyebab Keputihan Patologis (Karena Penyakit):
Infeksi yang di akibatkan oleh bakteri, jamur, atau protozoa, keganasan kanker leher rahim, benda asing di dalam alat kelamin (misalnya: kondom yang tertinggal).Jangan abaikan keputihan, walaupun sepertinya tidak berbahaya. Segeralah diobati, agar Anda bisa lebih percaya diri, dan juga tidak sampai menimbulkan sesuatu yang tak diinginkan.
Pertanyaannya, apa sih obat tradisional keputihan tersebut? Jawabannya: obat keputihan tradisional itu yaitu daun sirsak dan kulit manggis. Karena kulit manggis kaya akan vitamin B1, B2 dan C, serta kalsium, potassium, sodium, dan zat besi. Sedangkan manggis juga mengandung xamthone, mangostin, garsinon, flavonoid, epicatechin, spingomyolinase, dan gartanin. Dalam kulit buahnya terkandung xamthone yang tertinggi, yaitu 40 persen. Dengan kandungan xamthone yang tinggi itu (123,97 mg/ml), kulit buah manggis dapat membunuh penyakit dan memperbaiki sel yang telah rusak, serta melindungi sel-sel di dalam tubuh. Xamthone adalah substansi kimia alami, yang tergolong senyawa polyhenolic, yang dapat digunakan sebagai zat untuk mengatasi berbagai penyakit. Xamthone juga memiliki manfaat sebagai obat untuk penyakit jantung, aterosklorosis (plak di pembuluh darah), hipertensi, dan trombosis.
Di dalam kulit manggis terdapat daya antioksidan luar biasa, yang mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas ini masuk melalui makanan yang dikonsumsi dan menjadi penyebab utama penyakit jantung, stroke, kanker, dan lain-lain. Dan pencegahan yang paling bagus adalah dengan mengonsumsi buah manggis secara rutin. Antioksidan di dalam kulit manggis berperan sebagai imunitas, antibiotik (ampisilin dan minosin), antijamur, antivirus, antikanker, antidiabetes, dan antiradang.
Sedangkan daun sirsak memiliki khasiat lain yang juga luar biasa. Selain buahnya yang menyehatkan untuk dikonsumsi, daun sirsak juga merupakan obat alami untuk penyakit kanker. Daun sirsak mengandung zat anti kanker (Annonaceous Acetogenin), yang memiliki kemampuan luar biasa untuk membunuh sel-sel kanker, tanpa mengganggu sel-sel sehat di dalam tubuh. Berbagai penelitian yang dilakukan di berbagai belahan dunia menemukan fakta luar biasa dari daun sirsak ini, yang memiliki keunggulan dalam cara kerjanya menumpas sel kanker.

0 comments:

Post a Comment